6 Tips Obati Infeksi Jamur pada Vagina

Sabtu, 21 Juli 2018 - 23:08 WIB
6 Tips Obati Infeksi Jamur pada Vagina
6 Tips Obati Infeksi Jamur pada Vagina
A A A
JAKARTA - Infeksi jamur vagina terjadi karena pertumbuhan berlebih dari Candida albicans (jamur yang berada di vagina). Pertumbuhan berlebih ini menyebabkan area miss V gatal, peradangan, sakit dan iritasi yang menyakitkan.

Ini adalah gangguan yang sangat umum dan dapat dilihat pada sebagian besar wanita. Itu bisa terjadi pada Anda kapan saja.
Nah, jika Anda mengalami gejala ini, Anda harus berkonsultasi dengan ginekolog. Ini hanya untuk memastikan bahwa Anda memiliki infeksi jamur vagina.

Namun, jika Anda sering mengalami infeksi jamur di masa lalu dan Anda tidak ingin menemui dokter kali ini, maka Anda harus mencoba beberapa solusi alami yang efektif untuk mengucapkan selamat tinggal pada infeksi vagina.

Seperti dilansir Boldsky, ada beberapa solusi alami yang efektif untuk mengobati infeksi vagina, berikut ulasannya:

1. Asam Borat
Ini adalah antiseptik yang kuat yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur vagina. Namun, kelebihan asam borat dapat menyebabkan kegagalan sistem sirkulasi, kerusakan ginjal dan bisa menyebabkan kemtaian. Ini adalah alasan mengapa Anda tidak boleh mengkonsumsi atau menggunakannya langsung pada kulit yang rusak. Wanita hamil harus selalu menjauhi asam borat.

Untuk penggunaannya, ambil sedikit asam borat dan campurkan dengan air sebelum menerapkannya di area vagina.

2. Suplemen dan Supositoria Probiotik
Probiotik adalah obat terbaik untuk mengembalikan keseimbangan antara ragi dan bakteri di seluruh tubuh. Memasukkan probiotik oral (yang mengandung bakteri - Lactobacillus Acidophilus) ke dalam rutinitas harian Anda. Ini dapat membantu mengembalikan flora vagina karena suplemen oral bertindak perlahan dan hasilnya dapat dilihat dalam 10 hari.

3. Minyak terapeutik
Ini adalah minyak esensial terkenal yang digunakan untuk membunuh virus, bakteri dan jamur. Ada beberapa supositoria vagina yang tersedia di pasaran yang mengandung minyak pohon teh. Studi mengatakan bahwa ini dapat membantu menyembuhkan infeksi jamur vagina. Minyak terapeutik ini juga bisa mempertahankan keseimbangan flora vagina yang sehat.

Jika Anda ingin membuat supositoria vagina alami di rumah, minumlah beberapa tetes minyak pohon teh, campurkan dengan semua jenis minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak jojoba dan aplikasikan ke dalam vagina. Selalu ingat jangan pernah menelan minyak pohon teh.

4. Hidrogen Peroksida
Karena sifat antiseptik dan anti-bakterinya, hidrogen peroksida digunakan untuk membunuh infeksi bakteri dan jamur. Mayoritas wanita menggunakannya dengan menerapkan secara eksternal pada infeksi jamur mereka. Selalu pastikan untuk melarutkannya sebelum menerapkannya ke dalam vagina. Anda dapat menggunakannya maksimal 5 hari, tidak lebih dari itu.

5. Yogurt
Yogurt mengandung Lactobacillus acidophilus (bakteri hidup) dan karenanya dianggap sebagai probiotik. Bakteri jenis ini sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat di daerah vulva Anda atau vagina. Mereka juga membantu dalam menyembuhkan pertumbuhan berlebih karena ketidakseimbangan.

Yogurt Yunani adalah obat alami untuk mengobati infeksi jamur vagina. Selalu pastikan untuk menggunakan yogurt ini tanpa tambahan gula karena gula dapat memicu jamur Candida.

6. Minyak Oregano
Minyak esensial lainnya adalah minyak oregano yang berguna dalam pengobatan infeksi jamur vagina. Sebelum membeli minyak, pastikan bahwa itu adalah yang terbuat dari oregano liar dan bahan harus mengandung carvacrol dan thymol yang merupakan agen antijamur yang kuat.

Oregano liar memiliki kemampuan untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan C. albicans; Namun, itu tergantung pada asupan Anda.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3887 seconds (0.1#10.140)